Breaking News

Cara Bermain Warewolf

ROLE

persiapan 


Kumpulkan sekelompok pemain. Ganjil adalah yang terbaik, meskipun tidak mutlak wajib. Harus ada setidaknya tujuh pemain; sembilan atau sebelas lebih baik.(saya mengusulkan mulailah dengan jumlah kecil, apabila sudah menguasai bisa memulai dengan yang jauh lebih besar).


Buat satu set kartu, satu untuk masing-masing pemain, dengan peran tertulis di masing-masing:
* Satu "Moderator"
* Dua "Werewolf"
* Satu "Cenayang (Seer)"
* Semua sisanya "Villager/ village people"

Kocok kartu yang ada pada moderator (moderator bisa dipilih langsung atau mengunakan kartu bertanda moderator yang dikocok didalam seluruh kartu atau bisa juga dipilih berdasarkan orang yang pertama mati dalam permaianan). Setelah setiap orang telah memegang kartu masing-masing, sekarang mereka telah memiliki identitas dan telah siap memulai pertandingan. (untuk membuat kondisi permaianan lebih menyenangkan, para pemain bisa menganggap lingkaran pemain ini adalah sebuah desa, dan mereka bisa memperkenalkan diri mereka serta berpura-pura menjadi orang lain denga nama serta pekerjaannya *sangat menyenangkan*)

Dua pemain sekarang diam-diam adalah werewolves. Mereka mencoba untuk melakukan pembantaian diseluruh desa ini pada malam hari. Namun pada siang harinya semua orang adalah warga desa biasa, tetapi salah satu desa diam-diam memiliki Penglihatan Kedua, dan dapat mendeteksi keberadaan werewolf diantara mereka.

Bisa juga diawal pertandingan warga desa melakukan musyawarah dengan menentukan pimpinan desa mereka. (saya menggunakan kartu bertanda “sheriff”, dan orang yang memegang kartu ini memiliki dua suara ketika pengambilan suara pada saat Hari Pengadilan disiang hari).

THE GAME: Malam Hari dan Siang Hari 

Permaianan dimainkan pada dua sesi, malam hari dan siang hari.

Malam hari

Moderator memimpin permainan dengan mengatakan kepada para pemain bahwa hari sudah malam dan mereka harus menutup mata mereka . Mungkin bisa mengatakan pengantar seperti ini:

“villager/ warga desa, hari telah malam, warga desa yang kelelahan kini mulai perlahan terlelap.”

Pada kondisi semua warga desa menutup matanya, moderator memanggil werewolf untuk membuka matanya, dengan mengatakan;

“werewolf, buka mata kalian”

Moderator kemudian memerintahkan mereka secara diam-diam untuk memilih korbannya denganmenunjuk salah satu pemain. (dalam hal ini , para werewolf HARUS melakukannya setenang mungkin dan tidak berisik, agar gerakannya tidak diketahui teman disebelahnya yang berakibat dicurigai sebagai werewolf!).

Setelah menutup mata Werewolf, Moderator kemudian dapat memanggil Cenayang (seer), dengan mengatakan;

“Cenayang, buka matamu. Identitas siapa yang ingin kau ketahui?” (cara melakukannya juga sama sepeti yang dilakukan werewolf, kali ini agar tidak ketahuan dan dibunuh werewolf :))

Pada saat cenayang menunjuk seseorang untuk dilihatkan identitasnya, moderator bisa membuka kartu pemain yang ditunjuk dan memperlihatkannya kepada Cenayang. (agar tidak terlalu mencolok pemain mana yang dibuka kartunya, moderator bisa berjalan keliling dan menggerakkan secara acak beberapa kartu pemain agar seolah-olah kartu mereka yang dibuka:))

Cara lain yang dapat digunakan, ketika Cenayang menunjuk target pemain yang ingin dibuka identitasnya, moderator bisa mengucapkan identitasnya langsung kepada Cenayang. Seperti “Dia werewolf!” atau” dia bukan Werewolf!”. Tentu saja ini bisa membuat para werewolf sedikit gemetar dengan pernyataan itu karena identitasnya diketahui oleh Cenayang.

Siang hari 

Siang hari dapat dimulai ketika moderator mengatakan “Dan pagi hari telah menjelang, warga desa perlahan terbangun dari tidurnya. Kalian dapat membuka mata semua sekarang”.

Kemudian moderator menjelaskan semalam terjadi pembunuhan ketika mereka sedang terlelap tidur, “seseorang terbunuh semalam, dan ia adalah.....”. orang yang disebutkan namanya maka tidak mengikuti pertandingan lagi dan dapat mengawasi pertandingan diluar lingkaran DENGAN TIDAK BICARA DAN MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN. ini selalu dilakukan setiap sesi siang hari setelah pembunuhan terjadi.

Maka apa yang dilakukan warga desa selanjutnya adalah melakukan persidangan untuk menghakimi seseorang yang dicurigai sebagai werewolf. Disinilah warga desa saling tuding dan menentukan seseorang untuk mati dan pemain yang dipilih warga akan meninggalkan permaianan seperti yang lainnya dengan menunjukkan identitasnya. Warga desa bisa menunjuk siapa saja, bisa saja yang ditunjuk adalah warga desa, werewolf, atau (ups) Sang Cenayang!!

Tidak ada pembatasan dalam hak bicara, pemain bisa mengatakan apa saja; kebenaran, , mengalihkan arah pembicaraan, menuduh, membantah bahkan berbohong.

Permaianan ini akan terus diulang prosesnya sampai salah satu pihak menang dengan kata lain semua pemain habis dibantai oleh werewolf ataupun dihakimi oleh masyarakat.

Ketentuan pemenang

Warga desa menang apabila membunuh semua werewolf. Begitupun sebaliknya.

Apabila berakhir dengan 2 warga desa dan 2 werewolf, maka pemenangnya adalah werewolf (analoginya, mereka akan berhadapan satu lawan satu).

Apabila berakhir denga 1 warga desa dan 2 werewolf, meka pemenangnya sudah tentu werewolf. Dan berlaku untuk sebaliknya.

Catatan:

Hanya jika ga faham dengan jalan permaianan, werewolf hanya beraktifitas dimalam hari, dan pada siang hari dia adalah warga yang berpura-pura dan mencoba untuk menghindari tuduhan dengan cara apapun.

Cenayang mencoba untuk mengungkapkan siapa werewolf (jika ia tahu siapa werewolf) tanpa terlihat terlalu mencurigakan serta menunjukkan identitasnya yang sesungguhnya agar tidak dibunuh werewolf dimalam harinya. 

Warga desa hanya bisa menebak siapa werewolf dengan melihat siapa yang terbunuh, apa yang terjadi di hari sebelumnya, mengikuti apa yang dikatakan pemain lainnya atau melihat kecurigaan alasan salah satu orang yang dicurigai. Menuduh bisa saja dicurigai, tidak menuduh malah bisa lebih dicurigai. Ikut memilih dalam hari pengadilan bisa dicurigai, tidak memilih pun bisa dicurigai pula. Bagaimanapun juga, Cenayang mengetahui siapa pemain yang benar-benar jujur.

Beberapa Teknik menjadi moderator:

Moderator selalu berhati-hati ketika mengucapkan “werewolf, buka matamu” atau “cenayang, buka matamu” dengan mengucapkan langsung kearah orang tersebut. Karena bisa saja terdeteksi oleh pemain lain kearah mana moderator bicara dengan mendengarkan akustik dan arah suara (apalagi ketika terdengar werewolf pada saat moderator berbicara pada cenayang, sangat beresiko!).

Sangat penting untuk para pemain yang sudah mati agar tidak ikut bicara, agar permaianan bisa berlangsung dengan nyaman, dan tugas moderatorlah yang mengusahakan agar permainan tetap menarik bagi pemain.

Jangan sampai moderator terlalu banyak bicara diluar kapasitasnya, biarkan warga desa yang dipimpin Sheriff bisa melakukan pengadilan serta bermusyawarah apa yang mesti dilakukan.

Usahakan apapun yang dilakukan selalu jangan memihak werewolf atau warga desa, jadilah moderator yang baik dengan menambah improvisasi permainan dan menciptakan jalan cerita yang selalu susah ditebak.

Moderator yang baik tahu kapan harus bicara dan tidak ikut larut dalam konflik didalam lingkaran permaianan, ia harus tetap menjaga kerahasiaan dan membuat permaian berjalan sehat.
____________________________________________________________________________________




VARIASI YANG MEMUNGKINKAN DILAKUKAN
• Daripada membuat keadaan malam yang sangat sunyi dan menegangkan, bisa saja membuat semua pemain membuat keributan dimalam hari, agar apa yang dilakukan kegiatannya tidak terditeksi. (saya belum pernah mencobanya, tapi saya meragukan teknik ini)

• Apabila pemain diatas 10 orang, disarankan untuk menambah jumlah werewolf menjadi 3 orang. (saya pernah memainkan permaianan ini dengan 27 orang pemain!!*melotot* untuk kasus seperti ini saya menambah beberapa variasi karakter yang bisa melakukan pembunuhan beberapa sekaligus untuk mengurangi jumlah pemain lebih cepat) 

• Beberapa karakter yang saya tambahkan ( karakter a,b,c,dan d saya dapatkan ketika pertama kali memainkannya di Kanada); 

a. Little girl (gadis kecil): Selayaknya seorang gadis kecil. Ia selalu merasa tidak tenang apabila ada yang tidak beres dikampung itu atau ada yang berkeliaran, maka pemegang kartu gadis kecil selalu mengintip sedikit demi sedikit apa yang terjadi dimalam hari karena tidak bisa tidur (cara mengintipnya tentu jangan samapi terlalu mencolok, apabila werewolf tidak sengaja melihat salah satu pemain ada yang mengintip, maka dengan sangat jelas dialah yang menjadi korban mereka, bahkan ketika hari pengadilan gadis kecil sama tidak bebasnya seperti cenayang karena dia juga tidak ingin dibunuh dimalam selanjutnya karena terlalu mencolok dalam berbicara dan menuduh)

b. Hunter (Pemburu): seorang pemburu selalu membawa senjata dibalik identitasnya sebagai warga desa. Apabila dia dibunuh oleh werewolf atau diadili disiang hari, seperti pemain yang lainnya ia harus membuka kartunya, pada saat ia menunjukkan identitasnya maka pada saat itulah ia mengeluarkan senjatanya dengan membawa SEORANG pemain mati bersamanya. Hati-hati memilih , bisa siapa saja yang mati kawan!

c. The Witch (Penyihir): Penyihir memiliki satu kemampuan; Penyembuh atau Pencabut Nyawa. Ia bisa memilih salah satu diantara kemampuannya itu, setelah ia melakukan kekuatannya maka ia akan berubah secara otomatis menjadi Village People (The Witch bisa menyembuhkan dirinya sendiri, lhooo) moderator memanggil Witch dengan kalimat; “The Witch/Penyihir, buka matamu. Orang ini telah terbunuh oleh werewolf (ingat,sebagai moderator yang baik jangan terlalu kentara ketika menunjuk seseorang dan berbicara kepada Penyihir agar tidak mudah dideteksi oleh werewolf). Apakah kau ingin menggunakan kemampuanmu?(tunggu sebentar, ia akan mengangguk atau menggeleng)Menyembuhkan? (tunggu sebentar ia mengagguk atau menggeleng), Membunuh(tunggu sebentar ia mengangguk atau menggeleng). Baiklah, tutup matamu kembali.” Dan moderator akan mengumumkan di siang hari apa yang dilakukan penyihir semalam karena warga desa mendengar percakapan antara Witch dan Moderator.

d. The Lover/Cupid/ Forbidden Love: karakter ini selalu mengalami pembaruan ketika saya mulai melakukan riset (ciyeee bahasanya) mengenai karakter tambahan didalam permainan ini. Intinya sama saja, ketika pertama kali memainkannya, karakter ini memiliki 2 kartu yang sama persis, bergambar cinta atau bertuliskan The lover atau Cupid. Mereka adalah pasangan yang saling mencintai. Ketika malam pertama moderator akan memanggil mereka “The lover, buka mata kalian”, dan mereka akan saling melihat satu sama lain tanpa ada yang mengetahui selain mereka sendiri. Fungsi kartu ini adalah apabila salah satu terbunuh, maka yang pasangannya tidak akan kuat menjalani hidup tanpa salah satunya, maka dia juga mati dengan membuka identitasnya. Sekali pembunuhan dua pemain mati!!. Tujuannya sebenarnya selain menambah bumbu cerita permainan agar tambah seru adalah bisa membuat pemain berkurang lebih cepat (tidak direkomendasikan dengan jumlah pemain dibawah 7 orang) Karakter ini sedikit saya rubah(lihat disini) dengan nama forbidden love (cinta terlarang), mengapa? Agar permaianan lebih seru, kartu karakter ini saya buat satu saja, ketika moderator memanggil karakter ini dengan kalimat “forbidden love, buka matamu, tunjuk satu orang yang akan menjadi pasanganmu, dan orang yang saya sentuh buka matamu, tatap pasanganmu ini, perlihatkan identitasmu padanya, dialah pasanganmu sehidup semati” (ingat tugas modertor untuk mengaburkan jejak, bisa saja moderator berjalan berkeliling dan ketika melewati orang yang ditunjuk menyentuh pelan kepala orang itu dengan tetap berjalan keliling agar tidak diketahui). Mengapa ini semakin menarik, karena pasangan sang forbidden love bisa siapa saja, bahkan werewolf tanpa terkecuali!. Ini tentu bisa menambah intrik cerita semakin menarik, karena sang forbidden love akan melakukan apa saja agar ia dan pasangannya tidak mati.

e. The Thief(Maling ) : Karakter yang saya ciptakan tidak sengaja; tokoh penghancur karakter, biang onar dan pencipta histeria massa(haha). Kemampuannya sangat sederhana, mencuri kartu pemain lain dengan menukar kartu miliknya (bayangkan saja jika anda pemilik kartu werewolf atau segala kartu spesial lainnya tiba-tiba berubah dipagi hari menjadi kartu maling ini, hahahaha). Dan karakter ini sangat lihai dalam menghancurkan logika yang ada, apabila kita sudah bisa menebak siapa werewolf tiba-tiba mendengar moderator berkata “Maling, buka matamu,kartu siapa yang ingin kau tukar malam ini(pengalaman sayah, pada saat saya mengucapkan kata “maling” saja sudah menimbulkan histeria massa,hehehe), dan kitapun hanya bisa tersenyum pahitbkarena lagi-lagi jejak kembali mengabur, :).

f. Wolfbane (penangkal serigala) : banyak nama untuk tokoh ini, karena saya menemukannya didalam permainan yang serupa seperti mafia, vampir dll. Biasa dipanggil, undead alias tokoh yang tidak bisa mati. Tapi saya memodifikasi karakter ini lebih menarik (menurut sayah). Saya biasanya mengenalkan tokoh ini dengan cerita bahwa ada salah satu diantara warga desa yang memiliki keturunan khusus, keturunan yang selalu membawa obat turun temurun untuk menangkal serangan werewolf. Obat itu dinamakan Wolfbane, apabila tokoh ini digigit oleh werewolf dimalam hari maka ia tak akan mati(akan diberitahu moderator ketika siang hari), ketika siang hari ia mengetahui dibunuh serigala maka ia akan membuka kartunya dan berubah menjadi Van Helsing secara otomatis (terinspirasi oleh cerita Van Helsing yang menjadi musuh bebuyutan bangsa werewolf). Van Helsing adalah tokoh yang tidak memihak warga juga tidak memihak Werewolf atau segala macam tokoh jahat lainnya, ia bekerja sendirian, maka ia tidak diperbolehkan ikut memilih seseorang untuk dibunuh ketika Hari Pengadilan tiba. Ketika malam pertama setelah ia terbunuh maka Van Helsing akan diperintahkan untuk membuka matanya, kemudian werewolf “dipaksa” untuk membuka matanya juga oleh moderator. MEREKA AKAN SALING TATAP MATA UNTUK PERTAMA KALI. Dan sebagaimana pekerjaan Van Helsing, ia berhak untuk membunuh satu werewolf(maka dari itulah ia tidak punya hak suara, karena ia telah mengetahui identitas werewolf, sangat tidak adil bukan?). Sebagai catatan, Van helsing bisa dibunuh oleh werewolf. Karena ia adalah keturunan khusus, maka ia memiliki darah campuran setengah serigala ketika digigit dan menggunakan obat itu, maka dari itu ia berhak memilih memihak yang mana (dengan membunuh siapa saja yang ia mau satu kali semalam). Dan CATATAN PENTING mengenai kebangkitan Van Helsing, pemilik kartu Wolfbane hanya kebal terhadap Werewolf, tidak dalam hari Pengadilan, apabila dibunuh warga maka ia mati tanpa bisa membangkitkan Van Helsing. Kemampuan Wolfbane bisa dipindahkan, karena ini adalah obat, tergantung kondisinya, (tentu saja ini adalah atas perintah moderator dengan menanyakan pemegang kartu, , biasanya pemain ingin menghidupkan agar kemampuannya tidak sia-sia dengan memberikannya kepada korban werewolf dan ditukar kartunya denga pemilik aslinya). *karakter ini sangat complicated, disarankan agar jangan menggunakan kartu ini sebelum menguasai permainan ini, karena diperlukan penguasaan terhadap keseluruhan permaianan dalam menjalankan “cerita”, serta disarankan menggunakan tokoh ini dengan jumlah pemain diatas 15 orang).

g. Vampir (saya menamakannya Vampiranak) : tokoh ini terinspirasi oleh tokoh di permainan Mafia, vampir, dll ditambah perdebatan seru dengan kawan disekretariat saat sayah ingin menambah karakter baru serta pembicaraan di komen Facebook . mengapa namanya demikian? Karena ini adalah tokoh yang saya ciptakan karena ia adalah hasil persilangan antara Vampir dan Kuntilanak. Hehehehe, (serius ini). Vampir, logikanya, apabila menggigit werewolf tidak akan menjadi masalah karena werewolf akan langsung mati, tapi bagaimana dengan manusia? Maka ia akan menularkan kemampuannya yang menjangkit itu kepada manusia, maka permaianan ini tidaklah seru karena akan dirubah judulnya Vampir v.s Werewolf, hahahahaha. Pada saat itu hasil komen di fesbuk mengatakan bahwasanya si kucing ingin memainkan tokoh Kuntilanak dengan nada bercanda, saya bertanya apa kehebatannya, katanya “ia bisa makan siapa aja, ya werewolf, ya village people, siapa aja yang ia mau, biar werewolf ada musuhnya, hahahaha” . saya terkesiap (halah).....*krik..krik...kriiik* maka saya pun mendeklarasikan tokoh ini saya dedikasikan untuk si Kucing Gembrot. Tugas pemegang kartu ini adalah membunuh siapa saja yang ia inginkan, termasuk werewolf. Menurut cerita karena Vampir adalah pimpinan klan serigala, maka ia berhak mengetahui siapa werewolf, tapi sebaliknya, werewolf tidak mengetahui siapa Vampir sebenarnya. Maka trik moderator adalah dengan mengucapkan kalimat ; “Vampiranak buka matamu. Orang ini adalah werewolf (dengan menunjuk pemain pemegang kartu werewolf). Sekarang kau tahu siapa mereka, siapa yang ingin kau bunuh malam ini?”. *PERINGATAN: ini kartu sangat kompleks seperti halnya Wolfbane, maka jangan memainkan apabila tidak bisa menguasai arah permainan ini, ini hanya direkomendasikan kepada pemain tingkat lanjut yang telah memainkan permainan Werewolf sebagai agenda rutin. Disarankan menggunakan karakter ini jika pemain diatas 15 orang*.


1 komentar: